Sabtu, 27 Desember 2008

# D U R I #


Duri pada batang mawar

Kata duri merupakan istilah umum (generik) untuk menyatakan bagian tumbuhan atau hewan yang berujung tajam dan cukup keras sehingga cenderung melukai kulit atau permukaan tubuh lainnya. Duri, seperti juga "sayap", bukan istilah biologi dan secara ontogeni, duri dapat berkembang dari asal jaringan yang berbeda-beda.

Duri pada tumbuh-tumbuhan

Pada tumbuhan, duri dapat dijumpai pada berbagai organ. Duri merupakan organ aksesori dan berfungsi sebagai alat perlindungan diri dari pemangsa (serangga maupun herbivora). Duri dapat berasal dari modifikasi daun atau merupakan organ aksesori sejati.

Duri sebagai modifikasi daun

Pada kaktus dan beberapa tumbuhan daerah kering lainnya (xerofit), duri merupakan modifikasi dari daun. Fungsi metabolisme daun sepenuhnya dilakukan pada epidermis batang dan daun berubah menjadi duri untuk mengurangi transpirasi.

Kaktus adalah nama yang diberikan untuk anggota tumbuhan berbunga famili Cactaceae. Kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air. Kaktus biasa ditemukan di daerah-daerah yang kering (gurun). Kata jamak untuk kaktus adalah kakti. Kaktus memiliki daun yang berubah bentuk menjadi duri sehingga dapat mengurangi penguapan air lewat daun. Oleh sebab itu, kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air.
Etimologi
Kata kaktus diambil dari bahasa Yunani Κακτος kaktos, digunakan dalam Yunani klasik untuk spesies tanaman liar berduri.



Bisnis di Internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar